Saturday, October 06, 2007
Pra 20 Syndrom
Bo, bentar lg lo b'day ya?

From: U-chan

SMS dari Ayu tadi mengingatkan gue kalo sebentar lagi gue ulang tahun. Yes, it's October dan sekitar 20 hari lagi gue ulang tahun. Belakangan ini gue menjadi orang yang sangat takut melihat kalender, sangat takut membuka mata di pagi hari dan menyadari kalo hari semakin mendekati waktunya. October 27, menjadi mimpi buruk buat gue.

Ironisnya, di saat gue berusaha keras melupakan hari ulang tahun gue, sampai akhirnya gue beneran bisa lupa, temen gue justru malah mengingatkan. Nampaknya emang Tuhan menakdirkan gue untuk mengingat tanggal ulang tahun gue.

Apa yang gue takutkan dari ulang tahun gue?

Well, banyak hal. Mulai dari mengingat jatah hidup gue mulai berkurang satu tahun lagi, banyak resolusi yang belum kesampaian, tapi yang paling membuat gue cemas adalah... fakta kalo I'm getting 20 with nothing.

Yes, I'm getting 20 with nothing. KUliah yang nampaknya stagnan dan lulus pas2an 2 tahun lagi tanpa ada harapan lulus lebih cepat, kerjaan yang masih belum juga menghasilkan, sampai love life yang masih gamang. Semuanya serba gamang, serba goyang, serba rapuh, dan serba serbi lainnya yang nggak banget.

Pernah pada satu waktu Zhe - sahabat gue telpon gue dari Paris, cuma untuk nasehatin gue selama hampir 3 jam tentang ketakutan gue getting 20 with nothing yang (menurutnya) nggak b'alasan. Terus dia bilang:

"Siapa siy yang bilang lo getting 20 with nothing, sen? Cuma orang sinting yang bisa b'pendapat kayak gitu. Come on, look at yourself! Lo itu talent promising banget, coba deh lo tanya temen2 lo, mereka pasti bakalan mikir lo bakal menjadi orang yang sangat sukses dalam waktu kurang dari 10 tahun yang akan datang, 5 tahun malahan. Lo pinter, lo b'bakat, hidup lo penuh dengan rencana, dan lo berambisi. Apalagi siy yang lo cari? Udahlah, sen! NGgak usah worry b'lebihan kayak gitu deh. NGgak suka, ah!"

"..."

"Dengerin gue, Sen! Lo itu mampu jadi apa pun yang lo mau! Lo... mampu!"

Gue mampu?
Am I?

Gue nggak tahu. Ada saatnya dimana gue merasa sangat yakin dengan diri gue, dengan kemampuan yang gue miliki, dengan segala obsesi yang gue punya. Tapi... sekarang gue ada dalam posisi dimana gue beneran meragukan diri gue sendiri.

Gue tahu gue punya bakat, tapi gue ragu apa bakat gue menjanjikan. Di luaran sana ada ribuan atau bahkan jutaan orang punya bakat yang sama kayak gue, tapi nampaknya mereka bisa mengembangkan bakatnya jauh lebih baik daripada gue. Belum lagi proyek2 gue yang selalu diserang sindrom b'henti di tengah jalan krn kurangnya komitmen dari gue dan juga karena (lagi2) gue merasa karya gue buruk.

Gue tahu untuk ukuran anak kuliahan, kerjaan gue lumayan banget tapi gue masih menganggap kerjaan gue masih nggak jelas. Masih belum ada p'kembangan sejauh ini.

Dan untuk kepintaran... Sumpah, gue nggak pernah menganggap diri gue ini orang yang pinter. IP gue emang di atas 3, gue emang nggak pernah belajar, tapi so far gue menganggap keberhasilan gue di bidang akademis ini lebih karena keberuntungan.


Ugh, sebenernya masih banyak hal lagi yang nggak bisa gue jelasin tentang pra 20 syndrom yang menyerang gue ini. Masih ada banyak hal yang gamang dan meragukan. Begitu banyak hal tapi bukan b'arti itu menghalangi kalian untuk ngasih gue kado, ya! huehehe...

posted by senny d'ordinary @ 9:10 PM  
5 Comments:
  • At October 07, 2007 3:00 AM, Anonymous Anonymous said…

    hew..itu mah ada d pikiran semua org yg getting 20..
    dulu gw jg gt..
    akhrnya ngelist apa2 aja yg blm gw capai,dan alasannya. dr situ kan bisa d cari kesimpulan dan d ambil pengalamannya :D
    come on...selamat menjadi bagian dr org2 dewasa yah :p
    *salam kenal... *

     
  • At October 07, 2007 9:00 AM, Blogger -Fitri Mohan- said…

    bagus ada refleksi kayak gitu sen. gue dulu juga gitu. penuh dengan kegelisahan dan pertanyaan2. yah, namanya juga masa2 aktualisasi diri. pantes2 dan wajar2 aja terus menerus mempertanyakan kemampuan diri. tapi jgn brenti disitu doang ya neng. fokus di kemampuan yang kita punyai dan bergerak dari sana semaksimalnya bakal bikin hidup LEBIH hidup.

    yang jelek2 yang pernah kejadian, tarok di belakang. tempat di depan adalah optimisme dan positive thinking.

    jadi bentar lagi mau 20? selamet yaaaa!

     
  • At October 07, 2007 8:43 PM, Blogger noki afandi said…

    20 adalah tolak ukur manusia untuk menjadi lebih dewasa. karena dia harus sudah mampu mengurus dirinya sendiri. well menjadi dewasa itu tidak nyaman tetapi kita memilki tanggung jawab untuk kemajuan diri kita pribadi

     
  • At October 08, 2007 10:43 PM, Blogger Stephanie Zen said…

    wahh saya juga tahun depan mau 20, huhuhuhu :'(

     
  • At October 21, 2007 4:50 PM, Blogger Darkpuccinoâ„¢ said…

    wah saya sudah lebih 20 nih sen. tp koq lum ada ngerasain yg sprt itu ya *mikir panjang*

    oya met lebaran ya. ayo update lg :)

     
Post a Comment
<< Home
 
About Me

Name: senny d'ordinary
Home: Bandung, West Java, Indonesia
About Me: I'm nothing and everything
See my complete profile

Previous Post
Links
Affiliates
Free Blogger Templates